Thursday 16 May 2013

BAGIAN 1 : GEBRAKAN BARU DARI CONTINENT

Jumat, 10 Mei 2013, menjadi hari yang bersejarah bagi SMAN 1 Kertosono. Yup, hari itu merupakan pertama kalinya lomba Smaker English Olympiad (SEO) diadakan. Lomba yang bertemakan “English is Fun” ini cukup mendapat sorotan dari siswa – siswi SMAKER. Bidang yang dilombakan adalah Speech, News Presenter dan Story Telling. Bagaiman jalannya acara teranyar persembahan Continent ini?

Acara ini dibuka dengan upacara pembukaan pada pukul 11.15 WIB. Para peserta dan panitia pun berkumpul di laboratorium fisika untuk mengikuti upacara tersebut. Acara tersebut diisi oleh beberapa sambutan, doa, serta pembacaan tata tertib. Tiga puluh menit kemudian, upacara pun berakhir dan dilanjutkan dengan salat Jumat terlebih dahulu.

Ada yang sedikit ganjil pada banner pada acara tersebut. Pada pojok kiri banner itu tertulis tanggal 04 Mei 2013. Ya, awalnya acara ini memang akan diadakan tanggal 04 Mei. Namun, karena Smaker kembali berduka, acara pun harus diundur hingga 10 Mei 2013.

Setelah salat Jumat. Acara inti pun dimulai. Peserta diminta untuk memasuki ruangan masing – masing bidang perlombaan. Tiga ruang kelas pun dipersiapkan sebagai camp. Aura persaingan pun semakin memanas saat para peserta mulai memasuki ruangan. Setelah mengambil nomor urut, peserta diminta untuk mulai tampil sesuai nomor urut yang diambil tadi. Perjuangan pun dimulai. Mereka pun berlomba – lomba menampilkan suguhan terbaik untuk memukau para juri.

Yang cukup menarik adalah lomba Story Telling. Lomba bercerita dalam bahasa Inggris ini memiliki peserta dengan ciri khas yang sangat variatif. Mulai dari yang hanya bercerita dengan tangan kosong, ataupun dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga kebanyakan berupa gambar – gambar yang ditata sedemikian rupa sehingga bisa dibilang menyerupai wayang.

Walaupun begitu, bukan berarti peserta yang bercerita tanpa alat peraga tidak mendapat perhatian. Mereka yang tidak menggunakan alat, juga tampil maksimal dan menarik di lomba tersebut. Mulai dengan menggunakan berbagai jenis suara hingga… bernyanyi!

Babak penyisihan usai sekitar pukul 14.00 WIB. Peserta pun diizinkan untuk istirahat sejenak. Banyak hal yang dilakukan peserta selagi mengisi waktu luang tersebut. Ada yang makan, ada yang bercengkrama, ada pula yang ibadah. Hingga akhirnya, pengumuman hasil babak penyisihan pun dibuka beberapa menit kemudian.

Para peserta diminta untuk kembali masuk ke laboratorium fisika. Wajah yang tengah harap – harap cemas pun terlihat. Namun, wajah itu segera berganti lega setelah hasil pengumuman itu telah mereka baca. Ada yang senang karena masuk ke babak final, ada pula yang terlihat menahan rasa kecewa.

Setelah pengumuman dibuka, peserta yang masuk ke babak final mengambil nomor undian untuk tampil. Lalu, mereka diizinkan untuk melakukan case building (mempersiapkan materi yang akan mereka sampaikan). Lima belas menit kemudian, babak final pun dimulai. Para peserta satu per satu menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Hingga sekitar satu jam kemudian, semua peserta telah usai tampil.

Beberapa menit kemudian, pengumuman juara pun disampaikan. Dan, inilah juaranya!
News Presenter :
Deavina Thalita (XI IA 2) Wahid Syaifudin (X-8) Zuyyina Ayuning S. (XI IA 3)
Story Telling :
Debbi A. (XI IS 1) Lusia Kartika (X-6)
Speech :
Andira Gita N. (X-3) Desi Dwi (XI IA 1)

Para pemenang terlihat sangat gembira akan kemenangan mereka. Ucapan selamat pun mengalir. Pemberian piala secara simbolis dilaksanakan oleh para juri. Dan Smaker English Olympiad hari itu pun ditutup dengan harapan semoga tahun depan acara ini dapat berjalan lebih baik lagi. Amin.
Categories: